Dalam hal tentang kerusakan smartphone kesayangan memang tidak bisa di pungkiri, yang namanya perangkat elekronic tentu komponen yang ada memiliki masa umur yang berbeda-beda,
namun beda hal nya jika kerusakan yang di alami memang akibat kesalahan kita sebagai pengguna tentu klaim garansi yang seharusnya gratis atau tanpa biaya diwajibkan merogoh kocek untuk bisa mengembalikan keadaan smartphone rusak tersebut menjadi normal kembali,
seperti akibat jatuh lalu pecah LCD, tercebur ke air sudah dipastikan sobat harus mempersiapkan dana untuk memperbaikinya,
akan tetapi banyak pula kerusakan yang pastinya dapat diklaim secara gratis apabila masih dalam masa garansi yang umumnya hanya selama satu tahun, dan setiap vendor memiliki ketentuan yang terkadang berbeda-beda didukung oleh ketentuan lamanya waktu perbaikan tergantung vendor atau brand yang sobat miliki, ada yang hanya beberapa jam bahkan ada juga yang masa perbaikannya hingga berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan lamanya, tentu ini menjadi nilai tersendiri bagi para konsumen entah mendapat predikat service center terbaik atau pun terburuk,
lalu bagaimana sih langkah-langkah yang tepat untuk mengklaim garansi di saat smartphone yang sobat miliki yang mendadak rusak,
1. Pastikan dokumen-dokumen pendukung untuk mengklaim garansi lengkap seperti nota pembelian sesuai tanggal saat sobat membeli smartphone, serta kartu garansi yang biasanya sudah tersedia didalam dus box, biasanya ciri-ciri kartu garansi itu beberapa lembar kertas yang terdapat sticker nomor serial number atau imei sesuai dengan nomor imei pada perangkat smartphone dan pada dus box,
karena ada beberapa perangkat smartphone yang dijual secara ilegal dengan embel-embel garansi distributor, pastikan bahwa smartphone yang sobat beli tersebut adalah garansi resmi yang tentunya bisa diklaim diservice center yang tersebar disetiap kota yang ada di indonesia,
kalau pun sobat memiliki smartphone yang bergaransi distributor biasanya sobat dapat mengklaimnya ke toko dimana sobat membeli,
Baca juga : Perbedaan Smartphone Garansi Resmi Dengan Garansi Distributor
2. Pelajari dan ingat kembali setiap syarat dan ketentuan yang berlaku pada kartu garansi atau ingat saat sobat dijelaskan oleh sales penjual tentang cara mengklaim garansi,
karena beberapa vendor bisa berbeda ketentuannya, contoh ada beberapa merk yang memiliki garansi softwere selama dua tahun, bahkan ada yang seumur hidup, ada juga yang memiliki ketentuan selama masa garansi jika terjadi kerusakan yang lebih dari 3 hari tidak selesai akan di ganti unit baru, bahkan ada juga yang hingga membuat konsumen menjadi kesal apabila perbaikan memakan waktu berminggu-minggu apa lagi berbulan-bulan,
3. Apabila dokumen-dokumen yang sobat memiliki seperti penjelasan nomor 1 telah lengkap sobat bisa langsung menuju service center terdeket dikota sobat untuk melakukan perbaikan dengan segera, silahkan sobat beri penjelasan dengan sebenarnya kronologi kerusakan yang sobat alami, dan tanyakan berapa lama waktu perbaikan hingga selesai kepada costumer service yang melayani agar sobat dapat tenang dan kembali bisa menggunakan perangkat kesayangan.
untuk mengetahui alamat service center terdekat sobat bisa membuka lembar kartu garansi, melakukan searching di google, serta biasanya beberapa vendor sekarang mulai menyematkan aplikasi bawaan khusus mengetahui alamat, status garansi, no telepon service center dan fitur lainnya yang memudahkan konsumen,
4. Jika sobat merasa sibuk atau kejauhan saat ingin melakukan perbaikan tidak ada salahnya sobat mengunjungi toko dimana sobat membelinya temui penjual atau sales sesuai merk yang sobat beli, sobat bisa menitipkan kepada sales tersebut untuk dibawa ke service center, tetapi apabila sobat melakukan hal ini tentu waktu yang dibutuhkan pasti akan lebih lama, dan akan lebih cepat apabila sobat langsung mengunjungi service centernya,
itulah tips dan langkah yang harus sobat ketahui sebelum mengklaim garansi pada perangkat smartphone sobat, pastikan ketika sobat ingin membeli sebuah smartphone sobat juga menanyakan tentang jaminan garansinya karena banyak juga konsumen yang tergiur dengan smartphone murah berspesifikasi tinggi lalu mengabaikan hal penting seperti garansi, semoga bermanfaat dan silahkan berbagi pengalaman soal garansi smartphone di kolom komentar,
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Belum ada tanggapan untuk "Tips Mengklaim Garansi Smartphone Yang Rusak"
Post a Comment
Silahkan tinggalkan komentar anda sesuai topik, Thanks for visiting and the comment.