Pengalaman Mengatasi Upgrade Dan Downgrade OS Huawei P8 Lite Yang Balong (Gagal)

Sebelumnya saya adalah pengguna smartphone Huawei tipe Honor 4C dan berganti menjadi tipe P8 lite, saya pun membelinya dalam kondisi second/bekas, saya menggunakan P8 lite yang saya beli itu telah mengadopsi OS Marsmellow terbaru, dikarenakan sebelumnya saya merasa sangat nyaman dengan Honor 4C yang ber OS Lollipop maka dengan percaya dirinya saya pun ingin mendowngrade P8 lite menjadi Lollipop,

Oya saya bukanlah orang yang pintar atau pun sangat paham soal hal-hal berbau Downgrade maupun upgrade OS android saya hanya orang yang selalu penasaran dalam mencoba hal baru meskipun saya kurang paham jadi nekat dan pede saja.. Hehehe jadi curcol

Baca juga : Spesifikasi Huawei Y6II Indonesia Terlengkap

Oke saya lanjut soal cara saya mendowngrade yang bisa dibilang asal-asalan saja, karena saat itu bagi saya yang penting dapat firmwere versi Lollipop dan mendownload dengan percaya diri.

Saya menyiapkan perdana kuota 19GB provider XL 4G buat jaga-jaga jika saya salah download firmwere yang akan mengakibatkan versinya menjadi Balong,

Balong termasuk Bugs versi Huawei akibat dari kita telah salah mengupgrade/downgrade dengan firmwere berbeda vendor negara yang bisa mengakibatkan banyaknya keluhan seperti tidak adanya jaringan SIM cards, wifi tidak dapat digunakan dan keluhan lainnya

Di Google jika sobat mencari firmwere banyak sekali versinya dari berbagai macam benua di dunia, dan kesalahan saya adalah saya tidak memperhatikan versi OS Android Marshmellow yang saya gunakan sehingga mengakibatkan versi OS menjadi Balong.

Yang saya download untuk pertama kalinya adalah :

• Mendownload File firmwere Ale - L21 Marsmellow 6.0 Rollback Package to Lollipop 5.0 dan File Firmwere Lollipop 5.0 Ale - L21 versi Asia Pasifik B190,
Untuk file rollback sobat bisa download di http://consumer.huawei.com

• Mengekstrak satu persatu dari dua file di atas mengambil folder "dload" yang berisikan file "UPDATE.APP" tentu yang pertama kali saya ekstrak adalah file Rollback dan menempatkannya (mengcopy) ke memory SD Card.

Cara mengupgrade yang saya tahu ada dua cara yaitu :

1. Jika Huawei ber OS kan Lollipop kebawah kita bisa melakukan pembaruan dengan menempatkan file firmwere di SD Card (folder dload berisi file UPDATE.APP)

Klik Menu Settings - Pembaruan - Pembaruan Lokal - lalu Instal,

2. Jika di OS Marsmellow kita dapat melakukan dengan cara menempatkan file firmwere di SD Card (folder dload berisi file UPDATE.APP)

Matikan/Off kan Huawei sobat lalu tekan tombol Volume Atas + Bawah dan Power secara bersamaan hingga muncul logo huawei, dan akan otomatis melakukan upgrade/downgrade (penginstalan)

Karena P8 Lite saya berada di OS Marshmellow maka cara Ke 2 yang saya lakukan dengan file Rollback di SD Card. Setelah menunggu P8 lite saya kurang lebih 10 menit melakukan instalisasi otomatis P8 lite kembali normal dan tetap di versi Marsmellow Rollback C900B500,

Sebelum melakukan ini data di smartphone saya telah diback up terlebih dahulu karena tentu semua akan hilang jika melakukan downgrade maupun Upgrade tergantung cara melakukan upgrade dan downgrade nya jika dengan cara upgrade Via OTA tentu tidak hilang.

Setelah melakukan Rollback saya lanjutkan dengan langsung melakukan downgrade Ke OS Lollipop menggunakan cara Upgrade ke 2, tentu sebelumnya telah mengganti File Firmwere Rollback yang ada di SD Card dengan File Lollipop 5.0 Ale - L21 versi Asia Pasifik B190.

instalisasi P8 lite saya pun selesai dan kembali ke Versi OS Lollipop tapi saat saya ke pengaturan dan melihat versi androidnya versi yang saya temukan adalah versi Balong C50B311. Ternyata downgrade saya pun gagal namun tidak ada yang aneh, saya gunakan versi ini selama 10 menit dan Smartphone saya normal-normal saja.

Karena risih dengan tulisan Balong pada versi Lollipop tersebut saya pun langsung mendownload Firmwere ALE-L21 Firmware Android 6.0 EMUI 4.0 C432B550 yang ada di situs Huawei costumer dan ini linknya

http://download-c.huawei.com/download/downloadCenter?downloadId=78426&version=312720&siteCode=es

silahkan sobat copy ke browser sobat dan akan langsung otomatis mendownload, setelah selesai mendownload saya pun langsung mengekstrak dan melakukan Upgrade dengan cara Ke 1 yaitu dengan pembaruan lokal karena dalam posisi versi OS Lollipop, dengan maksud ingin kembali saja ke marsmellow saja dari pada dapatnya versi Balong.

Setelah instalisasi selesai dan menyala normal tentunya ini adalah versi Marsmellow namun setelah saya cek di pengaturan versi marsmellow ini adalah versi Balong C52B311,

Karena kesal kembali Balong lagi saya pun mendownload satu firmwere Versi Lollipop ALE-L21, Android 5.0, EMUI 3.1, C636B150a, Indonesia di situs costumer huawei dan mengulang-ulang cara Downgrade/Upgrade :
  • Marsmellow Bxxx to Rollback to Lollipop B190 hasilnya Balong
  • Lollipop B190 to Rollback (Disini Tetap Balong dan SIM Cards Tidak Terbaca) to Marshmellow B550 hasilnya Balong
  • Marshmellow B550 to Rollback to Lollipop B150a hasilnya Balong
sambil search google, Forum Facebook saya membaca-baca cara dan trik kembalikan P8 lite agar menjadi normal kembali, apa lagi saya tidak paham Flash menggunakan TWRP/CWM ataupun malas menggunakan Laptop meski ada petunjuk dari sebuah web bahasa Inggris yang mengulas cara flashing Via PC untuk P8 Lite Balong.

Karena saya pun lupa apa versi marsmellow saya yang pertama dan versi firmwere negara mana,

Akhirnya saya pun mencoba mendownload firmwere Lollipop versi ALE-L21C432B052 EUChannel Android 5.0 EMUI 3.1 di situs web bahasa Inggris tentang P8 lite yang saya temukan, Meski situs tersebut memerintahkan agar mendowgradenya menggunakan PC saya akan mencobanya dengan cara yang sama seperti yang saya lakukan sebelumnya. Ini link untuk mendownload lollipop B052.

http://download-c.huawei.com/download/downloadCenter?downloadId=48730&version=98051&siteCode=fi

Karena saya dalam posisi versi Marshmellow Balong L21C52B311 Saya kembali Melakukan Rollback kembali ke Versi Marsmellow Rollback C900B500, Dan langsung mendowngrade ke Lollipop versi Eropa B160 menggunakan cara Ke  2.

Setelah bosan naik dan turun OS yang selalu diakhiri dengan kegagalan OS (Balong) akhirnya OS Lollipop yang saya inginkan pun berhasil tanpa adanya lagi tulisan Balong yang kini berubah resmi menjadi Versi Lollipop ALE-L21C432B052 dan otomatis mendapatkan pembaruan OS Lollipop terbaru B170.

Baca juga : Penyebab Smartphone Android Hang Dan Freeze

Oke sobat itulah pengalaman asal-alan saya dalam mengatasi versi Balong akibat mengupgrade dan mendowngrade OS jika berbeda vendor negara. Semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan yang mungkin saja bisa saya jawab silahkan share dikolom komentar.

Postingan terkait:

21 Tanggapan untuk "Pengalaman Mengatasi Upgrade Dan Downgrade OS Huawei P8 Lite Yang Balong (Gagal)"

  1. mass broo mau tanyaa nihh . seandainya mau upgrad huawei honor 4c ke lollipop.
    itu file dload nya di taroh di memori internal hp .
    apa di memori kartu sd kard .
    seandainya di simpan di memori kartu sd kard bisa gak brooo tolong di jawab
    soalnya sama aja kalo di simpan di internal . dan sd kard sama2 bisa di buka file nya di menu pembaruan lokal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa koq gan. Justru di rekomendasikan ditaro dimemori eksternal (SD Card)

      Delete
  2. udah q coba instal gan . dan ada tulisan

    DONOT unplug sd card or press any key
    version check fail
    software install failed

    gitu tulisanya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba folder "dload" berisi file "UPDATEAPP" pasang di memori internal dan coba instal.. Jika masih gak bisa pastiin pas mengekstrak file tersebut benar tanpa error.dan jangan lupa juga sebelum instal lollipoo.. Instal terlebih dahulu file Middle pack nya

      Delete
    2. file Middle pack nya apa mas bro ?

      Delete
  3. gan stlh downgrade lollipop sdcardnya bisa terbaca di HH ga? soalnya pnya ane ga terbaca ni. Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terbaca koq gan normal aja.. Dicoba lepas pasang SD cardnya dan tes di hp lain. Klo normal. Kemungkinan versi lolipopnya ada bug (versi balong)

      Delete
  4. Gan FB ente apa?
    Saya mau share masalah di Huawei Honor 4c milik saya?

    ReplyDelete
  5. gan flash frimware ny via pc gmn gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Punte gan klo flash via pc ane belum pernah test bisa cek forum grup facebook gan. Banyak master-master disana

      Delete
  6. ane ada problem di wifi sama BT gak mau nyala, waktu coba instal ota oake cara 2 di 4% instalation failed, knp ya
    posisi dload udah coba di extrnal maupun internal jg

    ReplyDelete
  7. (P8 lite) Mas mau tanya setelah pembaharuan ke marsmellow Wifi and blotoot g bs...solusinya gmn??
    Down grade ato gmn??
    Mksh sblmnya...

    ReplyDelete
  8. gan boleh minta link buat os marsmallow di huawei p8 lite nya ga? tapi jangan yang ada bug nya hehe

    ReplyDelete
  9. gan boleh minta link os marsmallow di huawei p8 lite nya ga? tapi jangan yang ada bug nya hehe

    ReplyDelete
  10. Bro kalau ada bacaan install software fail trus di nunjukin ke web emui , itu knp yah?

    ReplyDelete
  11. Gan gimqna nih hp ane huawei honor 6 jaringannya 4G ilang terus jaringanya di 2G terus gak bisa naik" tolong jalan keluarnya gan

    ReplyDelete
  12. bnyak yg rusak wifi bluetoth juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara ngatasinya gimana bang mslh wifi

      Delete
    2. gimana bang cara ngatasinnya kalo wifi gk bisa

      Delete
  13. ijin coba gan, P8 lite ALE-L21 moga ja berhasil downgrade lolipop.

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar anda sesuai topik, Thanks for visiting and the comment.