Cara Mengatasi Tata Letak Di Blog Tidak Dapat Di Edit

Sudah lebih dari satu minggu tidak update artikel di blog akhirnya saya update juga hehehe,

Oke kali ini saya ingin membahas cara mengatasi tata letak di blog tidak dapat di edit beberapa hari ini saya sedikit sibuk edit sana sini tampilan template blog dengan warna yang menurut saya enak dipandang mata, huruf dan sebagainya,

saya bukan ahli dalam edit HTML karena memang saya tidak mengerti, saya hanya bisa copy paste aja sob dari artikel-artikel para master blogger, contohnya membuat readmore otomatis

lanjutkan tentang edit template, oya setelah beberapa jam otak atik template blog saya ini, saya mendapati bahwa saat saya ingin mengedit blog posts yang ada di menu tata letak saya sama sekali tidak dapat mengeditnya,

Justru muncul gambar huruf B pada logo blog menjadi robek dan disuruh menghapus cache/cookie browser saya lalu harus direfresh lagi, juga terdapat link code error bx-hjzhtc, awalnya saya berfikir mungkin ini akibat saya telah lama tidak menghapus history browser laptop saya, setelah melakukan seperti apa yang diperintahkan tetap saja blog posts tata letak tidak dapat diedit,

Screenshot tata letak yang error tidak dapat diedit

wah jangan-jangan saya ada kesalahan dalam hal edit html apa lagi saya tidak mengerti sama sekali, saya browsing pun tidak ada jawaban atas pertanyaan yang saya cari, hingga saya berkali-kali mengganti template dan mengembalikan template kepengaturan default,

tapi semua seperti percuma aja sob, sempat frustasi dengan kejadian blog posts tidak dapat diedit, hampir dua hari blog ini error dalam hal edit tata letak akhirnya saya mendapatkan solusi dari blogger help forum, dan yang saya bingung dalam forum tersebut semua menggunakan bahasa inggris dan bahasa asing lainnya, hehehe harus kerja keras menerjemahkan isi forum tentang error yang dialami sama dengan yang saya alami, sesuai dengan kode error yang tertera pada blog saya,

dan ini hanya menurut saya saja, error tersebut mungkin terjadi saat saya menyesuaikan template saya dalam mengubah warna huruf, lebar, mengubah gambar background pada blog, yang sebelum saya lakukan tapi tidak pernah error seperti ini,

dari solusi yang saya dapatkan dan saya ambil contoh dari penjelasan di blogger help forum yang harus kita lakukan adalah

1. Masuk ke Dasbor blog sobat pilih Template dan edit HTML,
2. Agar lebih mudah tekan tombol Ctrl + F, ketik "rgba" pada kolom pencarian HTML

Sobat akan mendapatkan kode seperti gambar dibawah ini yang berwarna merah,


Lalu yang sobat lakukan adalah hapus kode tulisan triple kosong berwarna merah diatas dengan kode tulisan "transparent" di html blog, kalau tidak salah saya mendapati 4 kode dan menghapus ke 4 kode tersebut diganti dengan kode transparent dan saya hanya mengganti kode seperti apa yang saya contohkan diatas, hasilnya blog posts tata letak diblog saya sudah kembali normal dan dapat diedit,

ini hanya berbagi pengalaman aja sob, semoga bermanfaat jika sobat mengalami seperti apa yang saya alami, dan pastinya untuk master-master blogger lebih paham dan mengerti,untuk penjelasan mengapa kesalahan ini bisa terjadi mungkin seperti apa yang saya jelaskan diatas atau mungkin juga saya salah, maklum newbie, jika ada sobat yang lebih mengerti dan dapat menjelaskan silahkan berbagi dikolom komentar ya,

Postingan terkait:

7 Tanggapan untuk "Cara Mengatasi Tata Letak Di Blog Tidak Dapat Di Edit"

  1. Saya ga bsa nemuin rgba nya gan.. but thank u yah
    dtggu knjungan baliknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke makasih gan atas kunjungan baliknya ya

      Delete
  2. Iya gan,blog saya malah banyak ke kanan nih,tata letaknya gk beraturan,bingung juga jadinya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh saya belum pernah tuh sob sampai kekanan begitu.. Dicoba ganti templetenya gan.. Semoga blog agan tata letaknya cepat sembuh.digoogle insya allah banyak kok gan kawan kawan yang membahas dan memberi solusi nya

      Delete
  3. Mau diganti,tp ini template editan sendiri gan,makanya sayang banget eh...pernah sy coba pasang di blog sy yg lain,eeh,malah tata letaknya menurun...Ada cara lain gk ya gan...?mohon pencerahannya..

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar anda sesuai topik, Thanks for visiting and the comment.