Cara Memperbaiki Info ID Lagu MP3 Di Android

Selain berguna untuk berkomunikasi dengan teman-teman, keluarga hingga bergaul di berbagai macam akun media sosial dengan berbagai macam jenisnya, smartphone Android sobat pasti memiliki fitur yang bermacam-macam salah satunya adalah music player MP3 yang berguna untuk mendengarkan lagu-lagu favorit,

namun terkadang tampilan album art, info nama penyanyi atau pun judul lagu terkesan berantakan dan tidak sesuai sesuai dengan kenyataannya, sebenarnya ini hal yang biasa dan tentu sering kita lihat.


terkadang ada sebuah lagu yang kita putar namun art albumnya gambar cewek atau cowok yang entah siapa itu seperti sedang berpose galau mengiringi lagu yang sobat putar, ini biasa terjadi karena kita sering sekali mendownload sebuah lagu lewat berbagai macam situs download mp3, dan banyak juga loh yang judul lagunya yang disisipi sebuah situs download lagu.

Untuk mengatasinya saya pernah mencoba sebuah aplikasi yang bernama "iTag" aplikasi ini bisa membantu sobat mengedit lagu-lagu kesayangan, merubah info lagu, nama artist, judul lagu, dan album art (foto penyanyi / gambar cover album dari lagu),

Aplikasi ini bisa sobat download secara gratis, di Google Play Store dari android sobat. Cara mengganti info lagu MP3 sebagai berikut :


  1. Download dan instal terlebih dahulu,
  2. Setelah melakukan instalasi iTag di Play Store. buka aplikasi iTag, hingga muncul berbagai opsi/pilihan yang bisa sobat pilih.
  3. Untuk menyesuaikan nama penyanyi beserta judul lagu maka silakan pilih Song dan untuk mengedit cover album pilih album.



Bila sobat memilih songs maka pada iTag akan menyajikan langsung beberapa kolom untuk sobat edit secara manual atau pun otomatis, berikut beberapa Opsi dan beserta keterangannya :


  • Lucky Cover: mencari dan set otomatis cover album art dari Internet sesuai nama penyanyi dan judul lagu yang telah diisi terlebih dahulu sebelumnya,
  • Search Pic : mencari cover album art langsung dari internet dan memilih 1 dari beberapa cover album art yang muncul,
  • Clear Cover : yang di gunakan untuk mengclear cover dari cover art lagu yang telah corrupt atau pun salah.
  • Pick Picture : memilih cover album art dari galeri yang tersimpan di ponsel sobat, ini pun bisa menggunakan foto sobat atau foto pacar sobat loh hehehe,
  • Match with title : mencari info tag lagu dengan otomatis di internet, berdasarkan nama penyanyi dan judul lagu,
  • Clear Information below : menghapus seluruh ID Tag MP3 pada lagu yang salah.


Itulah aplikasi bermanfaat yang bisa saya share untuk sobat semua, setidaknya dengan mengedit semua atau beberapa lagu kesayangan kita bisa mengurangi dan menghilangkan cover-cover album yang membuat tampilan media player mp3 di smartphone sobat terlihat rapi dan elegan tanpa harus memandang foto orang lain yang entah siapa dia menjadi album art lagu kesayangan. semoga bermanfaat ya sob dan selamat mencoba ya.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Memperbaiki Info ID Lagu MP3 Di Android"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda sesuai topik, Thanks for visiting and the comment.