Cara Mengetahui Berbagai Macam Sensor Yang Ada Pada Smartphone

Mungkin sudah banyak yang tahu bahwa disetiap smartphone yang kita gunakan telah tertanam berbagai macam sensor-sensor canggih yang tentunya sangat membantu dalam penggunaan sehari-sehari, contoh sederhana adalah sensor yang ketika kita melakukan sambungan telepon otomatis saat smartphone menempel ditelinga dan pipi layar akan menjadi gelap, ini berfungsi agar saat layar touchscreen smartphone tersebut tidak dapat tertekan dengan sentuhan terutama saat tersentuh pipi.

Bagi sobat yang penasaran dengan kemampuan smartphonenya dan ingin mengetahui sensor apa saja yang tertanam sobat dapat mendownload aplikasi ANDROID SENSOR BOX di play store ,


Setelah sobat mendownload aplikasi tersebut sobat dapat melihat 9 Sensor yang dapat dites satu persatu,

Berikut nama sensor dan fungsinya masing-masing :

1. Accelerometer Sensor

Berfungsi untuk mengidentifikasi ketepatan arah sebuah perangkat. Sensor ini diperlukan saat sobat memainkan game-game seperti game balap yang mana berkat adanya sensor ini kita cukup memiringkan smartphone saat kita ingin belok kanan ataupun kiri.

2. Orientation Sensor
Sensor ini berfungsi untuk mengetahui orientasi ponsel dan mendeteksi posisi dari smartphone apakah dalam mode landscape atau portrait. Sensor ini digunakan untuk rotate layar secara otomatis.

3. Proximity Sensor
Berfungsi untuk mendeteksi keberadaan suatu objek tanpa kontak fisik dalam jarak tertentu. Sensor ini berperan ketika saat ada sambungan telepon. Pernahkah kalian ketika menelpon tiba-tiba layar mati? Ya, itulah kerja Proxity Sensor. Ketika menelpon, tentu Smartphone Android kita akan didekatkan ke telinga kita, lalu otomatis layar smartphone akan menjadi gelap seperti penjelasan contoh sensor diawal artikel ini.

4.Ambient Light Sensor
Berfungsi untuk mendeteksi intensitas cahaya / kuat penerangan di sekitar smartphone. Berperan dalam perubahan Brightness/kecerahan layar. Berkat sensor ini jika kita ada di luar rumah dibawah sinar matahari, maka otomatis layar akan meningkatkan brightnessnya full supaya layar tetap terlihat jelas dibawah sinar matahari., Jika kita didalam rumah/di malam hari,maka layar akan menurunkan brightnessnya agar lebih hemat daya dan tidak menyilaukan mata.

5.Gyroscope Sensor
Berfungsi untuk mendeteksi sudut kemiringan dan mengukur kecepatan sudut yang umumnya diperlukan dalam navigasi. Gyro Sensor agak mirip dengan Accelerometer Sensor. Yang membedakan yakni Accelerometer dipengaruhi oleh gravitasi, sementara itu Gyro Sensor tidak dipengaruhi oleh gravitasi. Gyro Sensor mampu mendeteksi arah atas, bawah, kiri, kanan, maju, mundur, gerakan rotasi, roll, pitch, dan yaw.

6. Compass Sensor
Berfungsi untuk menentukan arah mata angin. Sebelumnya anda harus menginstall aplikasi Compas di Play Store terlebih dahulu. Dengan adanya sensor ini, maka anda tidak perlu khawatir akan tersesat di perjalanan, hutan, daerah lainnya.

7. Magnetometer Sensor
Berfungsi untuk mendeteksi adanya medan magnet dan mengukur besarnya intensitas medan magnetik di sekitar Smartphone. Dengan adanya sensor ini, kita bisa mengetahui benda manakah yang memancarkan medan magnet kuat, lemah, atau tidak, biasanya medan magnet yang besar dapat terditeksi didekat perangkat elektronik lainnya seperti televisi atau speaker.

8. Barometer Sensor
Berfungsi untuk mengukur tekanan udara. Sensor ini diperlukan dalam navigasi, misalnya anda berpetualang ke daerah tertentu, maka dengan sensor ini, anda bisa mengetahui tekanan udara di daerah yang anda kunjungi. Sensor ini juga dapat memperkirakan cuaca apakah akan/sedang baik atau buruk.

9. Temperature Sensor
Sesuai dengan namanya, sensor ini berfungsi untuk mengukur suhu temperatur smartphone. Dengan mengetahui besar nilai suhunya, kita bisa mengantisipasi gadget kita agar terhindar dari kerusakan yang ditimbulkan oleh suhu ponsel yang terlalu panas. Biasanya panas ini ditimbulkan oleh baterai ponsel karena aktifitas gadget yang berlebihan, misal mencharge sambil memainkan game atau berinternet. Pada beberapa gadget tertentu, sensor ini juga bisa mendeteksi suhu lingkungan sekitar.

10. Sound Sensor
Berfungsi untuk mengukur taraf intensitas / kadar bunyi di sekitar smartphone. Bermanfaat ketika sedang menelepon atau menerima panggilan di tempat yang bising / ramai, karena sensor ini akan mengukur tingkat bunyi atau kebisingan disekitarnya lalu  menyesuaikan volume dari speaker atau mic.

11. Humidity Sensor
Berfungsi untuk mengukur kelembaban relatif. Bermanfaat untuk menghitung kelembaban rumah, menghitung kelembaban udara dan tanah yang cocok untuk tanaman, menghitung kelembaban kandang peliharaan anda dan masih banyak lagi lainnya.

12. Fingerprint Sensor
Fiingerprint Sensor merupakan sensor sidik jari yang memberikan keamanan tinggi dalam kepraktisan. Fingerprint sensor digunakan untuk membuka lockscreen, mengakses aplikasi tertentu, membuka kunci, dan perintah-perintah lainnya hanya dengan menempelkan jari pemiliknya.

13. Gesture Sensor
Fungsinya adalah mengenali gerakan tangan dengan mendeteksi sinar inframerah yang dipantulkan dari telapak tangan si pengguna dan mengukur perubahan arus listrik ketika jari pengguna berada di jarak yang dekat dengan layar. Dengan sensor ini, kita bisa melakukan scrolling atau perintah lainnya pada smartphone dengan menyapukan tangan di atas layar tanpa menyentuhnya.

14. UV Sensor
UV Sensor akan bekerja jika kita berada di luar ruangan dan dibawah teriknya sinar matahari. Sensor ini akan mengukur intensitas radiasi ultraviolet yang dipancarkan oleh matahari. Sehingga dengan adanya sensor ini, kita bisa tahu apakah sinar matahari di luar dapat merusak kulit (membuat kulit menjadi gelap / teriritasi) atau tidak.

Dari penjelasan fungsi sensor diatas mungkin tidak semua ada pada aplikasi Android Sensor Box, dan tidak semua sensor tersebut ada dismartphone yang kita miliki,

Nah itulah sedikit penjelasan dan cara mengetahui sensor-sensor apa saja yang tertanam pada smartphone, semoga bermanfaat ya sob.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Mengetahui Berbagai Macam Sensor Yang Ada Pada Smartphone"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda sesuai topik, Thanks for visiting and the comment.